MTs Assasul Islamiyah Cikembar Terapkan Kurikulum 2013


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Memasuki tahun ajaran baru 2014/2015, MTs Assasul Islamiyah di Jalan Cagak Cibatu Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, terapkah Kurikulum 2013. Hal itu dilakukan untuk membentuk sikap dan menggali potensi karakter siswa agar lebih baik.
Kepala MTs Assasul Islamiyah Hamdan Sugilar mengatakan, mulai Januari 2014 pihaknya melakukan berbagai pelatihan Kurikulum 2013. Seperti, menyusun program dengan membuat anggaran yang dibutuhkan dan pengadaan buku pelajaran.” Karena, jumlah kuota dibatasi hanya sebagian guru MTs Assasul Islamiyah yang dapat mengikuti pelatihan pendidikan maupun worksohop untuk menguji kompetensi profesionalisme tenaga kependidikan,” kata Hamdan ketika dijumpai wartawan www.sukabumzione.com di ruang kerjanya Sabtu, (06/09).
Lebih lanjut Hamdan menjelakan, pada dasarnya Kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan KTSP 2006. Namun, model pembelajarannya KTSP 2006 merupakan kegitan pengembangan silabus kewenganan satuan pendidikan. Akan tetapi, pada Kurikulum 2013 pengembangan silabus berailh menjadi kewengan pemerintah.” Pada Kurikulum ini siswa dinilai bukan hanya pada pengetahuannya saja melainkan dari beberapa aspek. Antaralain, sikap, pengetahuan dan keterampilan,” urai Hamdan.
Pihaknya akan terus menjalankan Kurikulum 2013 semeksimal mungkin. Meski ada beberapa kendala dijumpai seperti, pengeluaran biaya operasional sekolah membengkak dan keterlambatan pengadaan buku.” Bagi sekolah yang bersatus swasta jujur kami merasa kerepotan dengan adanya kurikulum ini. Berbeda dengan sekolah negeri,” tandasnya.
Untuk itu ia berharap, agar Kurikulum 2013 sejalan dengan visi dan misi sekolah yang dipimpinnya maka, ia berharap pemerintah dapat memberikan bantuan dalam memenuhi biaya oerasional sekolah.” Sehingga dalam mengimplementasikan kurikulum ini dapat berjalan dengan mulus hingga akhirnya sesuai target yang tertera di Kurikulum tersebut. Salah satunya, mencerdaskan tunas bangsa yang berkompetensi dasar yang baik,” pungkasnya. Yan

Lihat Juga...