Ratusan Siswa di Sukabumi Lestarikan Budaya Sunda


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI — Ratusan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ikuti festival pencak silat Sabtu, (20/12).
Kegiatan yang di pusatkan di Gor Kampung Jelebud Rt 04/02 itu, rencananya akan berlangsung tiga hari dimulai dari Sabtu, 20 Desember 2014 hingga Senin, 22 Desember 2014 mendatang.
Acara yang di gagas oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kecamatan Jampang Tengah tersebut, merupakan upaya untuk melestarikan salah satu budaya sunda agar tidak terkikis budaya asing.
Ketua Panitia Pelakasana Kegiatan Kusmana mengatakan, kegiatan pasanggiri pencak silat ini diikuti 140 peserta dari 42 paguron pencak silat se- Kabupaten Sukabumi. Sementara, kategori perlombaan pencak silat dibagi dua segment. Yakni, kategori seni ibing tradisional dan kategori Tunggal Ganda Regu (TGR).”  Pencak silat merupakan warisan budaya leluhur sebagai seni olahraga untuk membela diri guna meningkatkan kekuatan spiritual. Untuk itu, kami menyeleksi guna mencari bibit unggul pesilat tangguh yang bertanggung jawab serta memiliki potensi mumpuni,” kata Kusmana yang juga sebagai Ketua IPSI Kecamatan Jampang Tengah  kepada wartawan www.sukabumizone.com Sabtu, (20/12).
Lebih lanjut Kusmana menjelaskan, pihaknya merasa sumringah melihat antusias peserta dalam menyambut pasanggiri itu.” Kami harap kebudayaan Indonesia seperti ini dapat dijaga serta di lestarikan sebagai sebuah aset bangsa oleh generasi muda sebagai warisan kebudayaan,” pungkasnya. Dendi

Lihat Juga...