Belasan Wisatawan Alami Lakalaut di Palabuhanratu


“Seluruhnya Dinyatakan Selamat”
SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI– Saat malam tahun baru 2014-2015 dilaporkan ada sebanyak 14 wisatawan mengelami kecelakaan laut di tiga lokasi di Kabupaten Sukabumi. Namun, beruntung semua koban berhasil selamat.
“Sembilan orang di Pantai Karang Hawu, 2 orang di Ujunggenteng, dan 3 orang di Kebonkalapa. Semua dapat terselamatkan,” kata Kepala Satuan Polisi Air Polres Sukabumi Amran Kusnandar.
Menurutnya sampai saat ini, tidak ada kecelakaan laut hingga memakan korban jiwa. “Hari ini, ada tiga yang terbawa arus, tapi masih bisa diselamatkan sehingga tak ada korban jiwa,” tuturnya
Seluruh korban yang terselamatkan sejak 25 Desember 2014 adalah warga Sukabumi, Cianjur, serta Jakarta.
Polres Sukabumi menambah titik-titik pengamanan yang asalnya 12 titik menjadi 37 titik pengamanan tutur Amran. Hal itu, antisipasi terjadinya kecelakaan laut Tahun Baru 2013-2014 sebanyak seorang meninggal dan Lebaran 2014 sebanyak empat orang meninggal. Jarak antar pos pun sekitar 200-300 meter.
Sementar itu, pada 37 titik, disebar 74 personel Polres Sukabumi, 104 anggota Balawista, Sarda (15), serta Basarnas (6). Untuk Sarda dan Basarnas tidak disebar, tetapi siap siaga di markas sehingga ada kejadian baru ke lokasi karena terbatasnya personel.
Amran menegaskan, Pantai Karang Hawu dan Pantai Kebonkalapa merupakan dua pantai yang paling rawan kecelakaan laut. Sehingga, wisatawan sebaiknya menjaga jarak aman ketika bermain air. “Paling jauh sekitar 6 meter dari bibir pantai. Tapi, tergantung keadaan ombak, pasang surutnya air laut, dan posisi kita,” tandasnya. Prlm

Lihat Juga...