Dorong Percepatan Bocimi, Sukabumi Gandeng Daerah Lain

jalan-tol-bocimiSUKABUMI – Wacana pembangunan jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) sudah lama disuarakan namun hingga saat ini belum menyentuh Sukabumi. Maka, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mengajak daerah lain untuk sama-sama mendorong percepatan pembangunan jalan tol tersebut. “Kemacetan yang terjadi saat ini berdampak pada investasi dan harga barang,” kata Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz kepada wartawan akhir pekan lalu.

Di mana, dari segi investasi kemacetan menjadi salah satu kendala bagi investor. Sementara, harga barang menjadi mahal akibat lamanya perjalanan. Seba itu, pemkot menyambut baik adanya pembangunan jalan tol Bocimi. Tetapi sayangnya hingga kini belum jelas kapan pembangunan jalan tol tersebut masuk ke wilayah Sukabumi. “Menghadapi masalah ini, Pemkot Sukabumi menggagas lahirnya Sukabumi Summit. Kegiatan Sukabumi Summit ini utuk mempertemukan para kepala daerah yang terdampak kemacetan baik di perbatasan Bogor maupun Cianjur,” ujarnya.

Rencananya, ada 10 kepala daerah yang dilibatkan seperti dari Kota/Kabupaten Sukabumi, Kota/Kabupaten Bogor dan Cianjur. Pertemuan tersebut akan digelar pada akhir 2016 mendatang. “Target Sukabumi Summit ini, guna mendorong percepatan pembanguan jalan tol Bocimi,” ujarnya.

Selain kepala daerah dari masing-masing wilayah diundang pula anggota DPR RI dan DPD RI yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) di Jawa Barat bagian tengah. Muraz menuturkan, dukungan dari kepala daerah dan anggota DPR serta DPD RI ini sangat penting dalam mengatasi kemacetan di Sukabumi. “Jika daerah kompak, maka masalah kemacetan ini bisa didengar oleh pemerintah pusat dan mendapatkan prioritas dalam pembangunannya,” tukasnya. Rol

Lihat Juga...