Akibat Banjir Bandang, Ratusan Hektare Areal Pertanian Gagal Panen

ilustrasi-gagal-panen-akibat-ban“Kerugian Mencapai Miliaran Rupiah”
SUKABUMI – Akibat bencana banjir bandang yang menerjang Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ratusan hektare ereal pertanian rusak. Hingga kini, para petani mengalami kerugian miliaran rupiah.

Dari data yang tercatat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, jumlah lahan pertanian yang rusak diterjang banjir mencapai 172 hektare. Ratusan hektare lahan pertanian tersebut berada di sejumlah desa di Cidolog. Misalnya saja, Cidolog dan Cipamingkis.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Andi Kusnadi mengatakan, lahan pertanian yang diterjang banjir rata-rata akan panen. Selain itu, ada sebagian kecil yang baru ditanami padi, sejatinya dari satu hektare tanaman padi bisa menghasilkan minimal sebanyak lima hingga enam ton gabah. Sehingga para petani harus menanggung kerugian akibat gagal panen tersebut. “Para peternak juga mengalami kerugian yang cukup besar,” kata Andi kepada wartawan Selasa, (15/11).

Disinyalir, terdapat puluhan ribu ekor ayam dan jenis ternak lainnya yang mati dampak bencana banjir bandang. Hal tersebut, dikarenakan dari satu kandang ayam saja terdapat minimal 15 ribu ekor ayam. “Sementara, kandang ayam yang diterjang banjir mencapai puluhan unit,” ujarnya.

Sementara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami memaparkan, permasalahan banjir bandang ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah. “Sebelumnya, kawasan di selatan Sukabumi memang belum pernah diterjang banjir dengan dampak yang begitu besar,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...