Sedikitnya 407 Nelayan di Pelabuhanratu Ikuti Tes HIV AIDS

ilustrasi-nelayanSUKABUMI – Sedikitnya 407 nelayan di Dermaga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ikuti tes Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau voluntary conseling and testing (VCT) dalam kampanye peduli HIV AIDS. “Para nelayan berasal dari sejumlah wilayah di selatan Sukabumi. Seperti yang berasal dari Palabuhanratu, Simpenan dan Ujunggenteng,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman.

Jumlah nelayan yang ditargetkan untuk tes HIV sebanyak 650 orang, target tersebut optimistis dapat terwujud. Pada akhir tahun ini KPA dan Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan nelayan dalam kegiatan tes HIV. Pasalnya, nelayan menjadi salah satu komunitas yang juga rentan terkena HIV dan AIDS.

Salah seorang nelayan Palabuhanratu Suhendi (55) menjelaskan, kegiatan tes HIV ini sangat positif bagi nelayan. “Nelayan menjadi lebih paham mengenai HIV dan langkah pencegahannya,” jelasnya.

Ia berharap, ke depan kegiatan tersebut dapat rutin dilakukan sehingga penyebaran HIV AIDS di Kabupaten Sukabumi dapat dicegah. “Kami yakin dengan adanya kegiatan rutin seperti ini akan meminimalisir terkena virus HIV AIDS,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...