Diterjang Longsor, Arus Lalulintas ke Palabuhanratu Tersendat

ilustrasi-longsorSUKABUMI KAB — Jalan utama menuju Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di terjang longsor. Akibatnya, arus lalu lintas tersendat hingga diberlakukan sistem buka tutup jalan.
Bencana tersebut menimbun setengah badan jalan nasional di ruas penghubung Sukabumi-Palabuhanratu. Tepatnya di ruas jalan Bantargadung-Warungkiara. “Material tanah dan bebatuan yang longsor tersebut berasal dari tebing setinggi tiga meter yang ada di pinggiran jalan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Irwan Fajar.

Beruntung, pada saat kejadian sekitar pukul 09.00 WIB tersebut tidak ada pengguna jalan yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa.  Saat ini, warga dibantu petugas gabungan tengah melakukan pembesihan jalan dari material longsoran. Selain itu, petugas juga akan mengerahkan alat berat untuk mempercepat upaya pembersihan jalan. “Untuk arus lalu diterapkan sistem buka tutup jalan,” ujarnya.

Ia menambahkan, para pengguna jalan harus rela antre dan menunggu giliran ketika melintasi jalan tersebut. Bencana tersebut terjadi salah satunya akibat tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini. “Sehingga masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana baik longsor maupun banjir diminta tetap waspada,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...