Irigasi Cibagong Jebol, Ratusan Hektere Pesawahan Warga Terancam Kekeringan

ilustrasi-sawah-keringCIKEMBAR – Sedikitnya 60 hektare pesawahan warga Desa Parakanlima, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terancam kekeringan. Padasalnya, bencana banjir bandang yang terjadi pada Sabtu, (17/12) beberapa waktu lalu mengakibatkan jebolnya tanggul Irigasi Cibagong sepanjang 20 meter dengan ketinggian lima meter di Kampung Talaga.

Sekertaris Desa (Sekdes) Parakanlima, Iyus Wahyudin mengatakan, akibat bencana tersebut disinyalir kerugian mencapai sebesar Rp 200 juta. “Abapila tidak secepatnya disikapi kemungkinan pesawahan itu akan dialih pungsikan,” kata Iyus kepada www.sukabumizone.com ketika dijumpai di ruang kerjanya, Rabu, (21/12).

irigasi-jebol
Lebih lanjut Iyus memaparkan, pihaknya sudah berusaha mengajukan bantuan pada pemerintah terkait. Namun, hingga saat ini masih belum ada bantuan. “Kami mengajukan untuk pemasangan bak profil seluas 20 kali lima meter, penanganan darurat, bantuan sebanyak 100 bronjong kawat dan bantuan sebanyak 250 karung,” paparnya.

Guna mengantisipasi terjadinya kekeringan tambah Iyus, maka pemerintah harus secepatnya mengucurkan bantuan sesuai dengan yang tercantum dalam pengajuan. “Kami harap, pemerintah bisa cepat tanggap terhadap bencana ini,” pungkasnya. Bambang

Lihat Juga...