Membantu Penanganan Bencana di Kab. Sukabumi, Puluhan Relawan Dioptimalkan

ilustrasi-penanganan-bencanaSUKABUMI – Sejumlah relawan di 47 kecamatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dioptimalkan. Hal tersebut, dilakukan guna membantu penanganan bencana. Mereka dikerahkan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bencana terutama di tengah tingginya intensitashujan. Meski, jumlahnya sedikit tetapi para relawan tersebut menjadi andalan dalam upaya menghadapi bencana di lapangan. “Sebab, sebelumnya mereka sudah mengetahui pemetaan kerawanan bencana di kecamatannya masing-masing. Terlebih, relawan bencana tersebut telah dibekali pelatihan dalam menghadapi atau menangani bencana,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo kepada wartawan, Kamis (29/12).

Saat ini lanjut Usman, di perkecamatan baru ada satu relawan penanggulangan bencana. Para relawan tersebut akan dikerahkan untuk menghadapi potensi bencana di awal tahun mendatang. “Informasi yang diperoleh intensitas hujan akan semakin tinggi pada awal 2017 nanti,” ulasnya.

Kondisi itu menyebabkan peningkatan terjadinya bencana baik longsor maupun banjir bandang. Terutama di daerah yang sebelumnya termasuk dalam kategori rawan bencana. “Ke depan relawan penanggulangan bencana akan dikembangkan hingga ke desa dan kelurahan. Jumlah kelurahan dan desa di Kabupaten Sukabumi mencapai sebanyak 386. Targetnya upaya penanganan bencana makin cepat hingga ke tingkat desa,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...