Lebihi Target, Pemkot Sukabumi Berhasil Dongkrak PAD 2016

ilustrasi-padSUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi (Pemkot) berhasil mendongkrak Penghasilan Asli Daerah (PAD) hingga melebihi target yang ditentukan pada 2016.  Hal tersebut, merupakan barometer keberhasilan pemerintah dalam berupaya menggenjot PAD.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Hanafie Zein mengatakan, setiap tahun PAD di Kota Sukabumi selalu mencapai target bahkan melebihi. Sekitar 90 persen pencapaian pada pertengahan Desember ini. “Disinyalir, penghasilan tersebut pada akhir Desember akan melebihi target,” kata Hanafi kepada wartawan.

Adapun sejumlah sekor yang pemesukannya paling besar lanjut Hanafi, yakni dari rumah sakit, restoran dan lain sebagainya. Sehingga dari sektor tersebut yang membuat peningkatan PAD lebih signifikan. “Pemasukan dari palkiran itu tidak bisa kita genjot. Kecuali apabila ada peluasan lahan dan kenaikan tarip palkir,” ulasnya.

Lebih lanjut Hanafi menuturkan, ke depan pihaknya akan terus menggali potensi guna meningkatkan PAD. Misalnya saja, dari sektor wisata kuliner. “Banyak penghasilan yang tidak dapat di prediksi semisal dari pembuatan IMB. Tapi, jika dari retribusi pasar dan palkiran tidak bisa ditingkatkan karena sudah tetap,” tandasnya.

Ia berharap, dengan upaya yang yang maksimal di tahun yang akan datang dapat lebih meningkatkan penghasilan daerah. “Mudah-mudahan ditahun yang akan datang PAD Kota Sukabumi dapat lebih meningkat,” harapnya. Bambang

Lihat Juga...