Akibat Pergerakan Tanah, Sejumlah Warga Cisolok Mengungsi

ilustrsi-pergerakan-tanahSUKABUMI – Akibat bencana pergerakan tanah di Kampung Sirnajaya, Desa Caringi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, membuat sejumlah warga harus mengungsi. Pergerakan tanah yang merusak sembilan rumah milik warga tersebut terjadi sejak Senin, (02/01) lalu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo mengatakan, sebanyak sembilan rumah rusak yakni dua unit rumah rusak berat, lima rusak sedang dan dua rusak ringan. “Sebanyak tiga Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah delapan jiwa yang sudah mengungsi,” kata Usman kepada wartawan.

Meski dalam inseden ini tidak ada korban jiwa. Namun, delapan warga harus rela mengungsi ke rumah tetangga maupun sanak saudarannya sebab rumah mereka tidak bisa lagi digunakan. Saat ini, jumlah warga yang terdampak bencana ini sebanyak sembilan KK dengan jumlah 26 jiwa. “Musibah pergerakan tanah tersebut disebabkan hujan deras yang turun hampir setiap hari di tambah kondisi tanah di daerah yang labil,” tandasnya.

Menurutnya, Tak menutup kemungkinan potensi bencana ini akan semakin meluasnya. Apalagi curah hujan pada awal tahun masih tinggi, ditambah adanya informasi dari BMKG bahwa wilayah Sukabumi berpotensi turun hujan deras disertai angin kencang. Untuk itu, antisipasinya bencana ini semakin meluas, dia mengimbau kepada warga setempat untuk selalu waspada yang tujuannya untuk meminimalisasikan dampaknya baik kerugian harta maupun jiwa. “Kami masih melakukan pendataan terkait jumlah kerugian dan fasilitas umum yang rusak lainnya. Selain itu, warga pun diimbau agar tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan terjadinya bencana,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...