Lima Kali Diguncang Gempa, BPBD Himbau Warga Sukabumi Waspada Bencana

ilustrasi-gempaSUKABUMI – Dalam waktu sepekan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diguncang gempa sebanyak lima kali dengan kekuatan rata-rata tiga sampai empat skala richter (SR).

Dari data yang tercatat, Bidang Kedauratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, gempa yang terjadi pada Jumat, (06/01) ini Sukabumi kembali diguncang gempa dengan kekuatan tiga SR yang berpusat di 8.10 Lintang Selatan (LS) 107.00 Bujur Timur (BT) di 131 Kilometer (Km) selatan Sukabumi dengan kedalama epicentrum gempa 27 km. “Adapun gempa tersebut terjadi pada Selasa (03/01) dengan kekuatan 3,9 SR, sekitar pukul 10.34 WIB. Di hari yang sama sekitar pukul 21.41 WIB Sukabumi kembali diguncang gempa 4,3 SR,”  kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada wartawan Jumat, (06/01).

Lanjut Usman, pada Kamis, (05/01) gempa terjadi sekitar pukul 15.03 dengan keutan 3,1 SR dan Jumat, (6/1) gempa berkekuatan 3,0 SR terjadi sekitar pukul 13.36 WIB. Sementara untuk yang terjadi pada Selasa, (3/1) gempa berkekuatan 4,5 SR yang berpusat di Garut getarannya hingga Sukabumi. “Seringnya wilayah Sukabumi diguncang gempa karena daerah ini merupakan pusat gempa dan juga memiliki palung laut serta patahan bumi. Sehingga potensi terjadinya bencana tersebut cukup tinggi,” ujarnya.

Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari anggota, relawan maupun masyarakat terkait kerusakan bangunan akibat getaran gempa bumi. Nmaun, warga dihimbau agar selalu waspada, sebab dikhawatirkan terjadi gempa susulan dengan kekuatan lebih besar yang bisa saja menyebabkan timbulnya kerusakan maupun jatuhnya korban jiwa. “Bencana tidak dapat diprediksi kapan akan terjadinya, tetapi warga harus tetap waspada apalagi empat dari lima kejadian gempa tersebut pusatnya di Sukabumi,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...