Harga Cabai Meroket, Pedagang di Sukabumi Beralih Jual Cabai Kering

ilustrasi-penjual-cabe-keringSUKABUMI — Akibat meroketnya harga cabai rawit merah di pasaran menyebabkan penjualan cabai kering meningkat. Pasalnya, harga cabai kering jauh lebih murah jika dibandingkan dengan cabai merah segar.

Harga cabai kering di pasar tradisional Kota Sukabumi, Jawa Barat, mencapai kisaran Rp 60 ribu per kilogram. Sementara harga cabai rawit merah biasa menembus Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogramnya.
Salah seorang pedagang sayuran di Jalan Pasundan Kota Sukabumi, Eungkat (34) mengatakan, mahalnya harga cabai segar di pasaran menyebabkan pedagang mencari alternatif jualan. “Saat ini banyak pedagang yang menjual cabai kering,” kata Eungkat kepada wartawan Senin, (09/01).

Cabai kering juga tetap memberikan rasa pedas bagi makanan, sehingga banyak pedagang makanan dan tukang bakso yang beralih menggunakan cabai kering. Para pedagang mendapatkan cabai kering dari Jakarta dan Cirebon. “Tapi, saya berharap harga cabai rawit segar bisa kembal turun agar bisa terjangkau masyarakat,” paparnya.

Salah seorang warga Titi Solehati (43) mengaku, ia tetap membeli cabai rawit segar untuk memasak. Namun, sebagian warga ada yang beralih membeli cabai kering karena harganya jauh lebih murah. “Harga cabai saat ini sangat mahal dan memberatkan warga. Saya harap pemerintah mampu mengendalikan harga cabai di pasaran,” harapnya. Rol

Lihat Juga...