Polsek Gunungguruh Tingkatkan Pelayanan Publik

Kapolsek-Gunungguruh-Yudi-WahyudiKapolsek Gunungguruh IPTU Yudi Wahyudi.SH

Polsek Gunungguruh yang berada di Jalan Pajajaran I Kutamaneuh Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis sebab berdekatan dengan kantor Muspika dan lainnya. Selain itu, tidak terlalu jauh dari Polres Sukabumi Kota dengan jarak tempuh sekitar 25 menit. Sementara, kinerja Polsek Gunungguruh juga tidak terlepas dari program yang digulirkan Polri.

PROGRAM PRIORITAS KERJA POLRI

VISI:

  1. Profesional : Meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan dan dapat diukur keberhasilannya.
  2. Modern : Melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan almatsus dan alpakam yang semakin modern.
  3. Terpercaya : Melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN guna terwujudnya penegakan hukum yang objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan.

MISI :

  1. Berupaya melanjutkan reformasi internal Polri.
  2. Mewujudkan organisasi dan postur Polri yang ideal dengan didukung sarana dan prasarana kepolisian yang modern.
  3. Mewujudkan pemberdayaan kualitas sumber daya manusia Polri yang profesional dan kompeten, yang menjunjung etika dan HAM.
  4. Peningkatan kesejahteraan anggota Polri.
  5. Meningkatkan kualitas pelayanan prima dan kepercayaan publik kepada kepolisian RI.
  6. Memperkuat kemampuan pencegahan kejahatan dan deteksi dini berlandaskan prinsip pemolisian proaktif dan pemolisian yang berorientasi pada penyelesaian akar masalah.
  7. Meningkatkan Harkamtibmas dengan mengikutsertakan publik melalui sinergitas polisional.
  8. Mewujudkan penegakan hukum yang profesional, berkeadilan, menjunjung tinggi HAM dan anti KKN.

PROGRAM PRIORITAS :

  1. Pemanpaatan reformasi internal Polri.
  2. Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbais TI.
  3. Penanganan kelompok radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal.
  4. Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan.
  5. Peningkatan kesejahteraan anggota Polri.
  6. Tata kelembagaan, pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan Min Sapras.
  7. Bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas.
  8. Penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.
  9. Penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan.
  10. Penguatan pengawasan.
  11. Quick Wins Polri.

KOMITMEN :

  1. Melakukan konsolidasi internal dan menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan organisasi Polri yang semakin solid dan profesional.
  2. Melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh Kapolri sebelumnya.
  3. Mewujudkan insan bhayangkara dan organisasi Polri yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta menjunjung etika dan moral.
  4. Selalu mengembangkan sistem diklat Polri dalam rangka meningkatkan kompetensi dan integritas SDM Polri.
  5. Melakukan koordinasi dengan stake holder terkait guna memudahkan dan memperlancar program program yang telah direncanakan dan ditetapkan.
  6. Menunjukan teladan pemimpin yang memiliki kompetensi, proaktif, tegas, tidak tagu dan bertanggung jawab serta melayani dan memberdayakan anggota serta antisipatif terhadap perubahan.
  7. Mewujudkan pelayanan prima Polri kepada masyarakat dengan lebih mudah, cepat, nyaman dan humanais.
  8. Menerapkan pemberian penghargaan bagi yang berprestasi dan menindak bagi yang melakukan pelanggaran.
  9. Mengamankan program prioritas nasional dan kebijakan pemerintah.
  10. Melaksanakan dengan sungguh-sungguh reformasi internal Polri, peningkatan pelayanan publik menjadi lebih prima.

Dalam melaksanakan tugasnya, Polsek Gunungguruh sesuai dengan program prioritas Kapolda Jabar yakni berpedoman kepada karakter pelayanan prima 15 – S. Diantaranya :

  1. Senyum
  2. Sapa
  3. Salam
  4. Sopan santun
  5. Semangat
  6. Sabar
  7. Social
  8. Syukur
  9. Sederhana
  10. Serius
  11. Sigap
  12. Solid
  13. Setia
  14. Siap siaga
  15. Selesai sukses dan selamat.

Salah satu bukti nyata kegiatan yang selalu menjadi rutinitas para petugas Polisi Sektor Gunungguruh adalah bentuk pembinaan terhadap masyarakat bahkan para pelajar.

Marak Kenakalan Remaja, Polsek Gunungguruh Bina Ratusan Siswa

pembinaan-dan-penyuluhan-polsek-gunungguruh-3

GUNUNGGURUH – Maraknya kenakalan remaja tawuran, geng motor, vandalisme, penyalah gunaan narkoba dan laninya yang kerap ditemukan dilingkungan pelajar menjadi perhatian khusus pemerintah dan Polri. Salah satu antisipasi dalam menekan tindak kriminal dilingkungan pelajar maka, Polri terus melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Penyuluhan dan pembinaan yang melibatkan ratusan pelajar yang dilakukan Polisi Sektor (Polsek) Gunungguruh belum lama ini misalnya, menjadi salah satu bentuk upaya polisi dalam menekan tindak kenakalan remaja dilingkungan sekolah.

Kapolsek Gunungguruh, IPTU Yudi Wahyudi mengatakan, di 2017 ini sebanyak delapan sekolah yang sudah mendapatkan penyuluhan dan pembinaan tentang kenakalan remaja seperti, penyalah gunaan narkoba dan pengenalan rambu-rambu lalulintas. “Sekitar 25 persen kenakalan remaja dan penyalah gunaan obat terlarang dilakukan para pelajar,” kata Wahyudi kepada www.sukabumizone.com, Senin, (06/02).

penyuluhan-dan-pembinaan-polsek-gunungguruh-2

Lanjut Wahyudi, hal tersebut sangat memprihatinkan. Dimana, angka kriminal yang ditemukan dilingkungan pelajar terbilang tinggi. “ Hal ini tentu menjadi kewajiban bersama untuk melakukan pencegahan sedini mungkin bukan hanya polisi tapi juga masyarakat. Sebab, dampaknya sangat merugikan seperti menghambat pencapaian cita-cita dan harapan orang tua. Bagi pengguna narkoba maka, salah satunya akan membuat seseorang berhalusinasi hingga menjadi malas dan ketagihan akibat sel syaraf terkontaminasi zat yang membuat orang labil, ” tuturnya.

Wahyudi menambahkan, dengan adanya penyuluhan dan pembinaan ini diharapkan para pelajar dapat patuh dan taat pada peraturan yang ada di sekolah, hindari penyalahgunaan narkoba dan mentaati Undang-ungang peraturan lalu lintas serta melarang siswa yang belum memenuhi syarat untuk mengendarai sepeda motor. “Selain itu, siswa juga harus menjauhi perbuatan kenakalan  remaja. Salah satunya, pergaulan bebas, perkelahian dan penyalah gunaan obat terlarang,” pungkasnya. Bambang

 

Lihat Juga...