Diguyur Hujan, Pemukiman Warga Kampung Bantarpanjang Diterjang Banjir

IlustrasiSUKABUMI – Bencana banjir bandang menerjang permukiman warga di Kampung Bantarpanjang RT 02 RW 04 Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (09/02).

Dari data yang tercatat, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, bencana banjir terjadi sekitar pukul 13.40 WIB. Insiden tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur sejak Kamis pagi. “Dari hasil pendataan ada sebanyak 125 jiwa yang terdampak akibat banjir’’ kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Suryana kepada wartawan Kamis, (09/02).

Bencana tersebut, terjadi akibat meluapnya aliran sungai di sekitar permukiman warga. Sejumlah rumah warga yang berada di Kampung Bantarpanjang terendambanjir. Namun, ketinggian banjir pada Kamis sore mulai menyusut. Dalam peristiwa ini belum dilaporkan adanya korban jiwa. “Petugas BPBD sudah dikerahkan ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan kepada korban. Selain itu aparat di lapangan seperti petugas desa, kecamatan, dan relawan sudah bergerak membantu korban bencana,” ulasnya.

Pihaknya, mengimbau warga untuk tetap mewaspadaipotensi bencana alam. Pasalnya, intensitas hujan yang mengguyur wilayah Sukabumi masih cukup tinggi. Kondisi tersebut berpotensi pada meluapnya aliran sungai.Selain banjir terang Yana, bencana longsor juga menerjang sarana jalan di Kampung Cijambe RT 23 RW 11 Desa/Kecamatan Lengkong pada Kamissiang. ‘’ Akses jalan sekitar 15 meter tertimbun material longsor.  Saat ini petugas gabungan tengah berupaya kembali membuka akses jalan,” tutupnya. Rol

Lihat Juga...