Rencana Pembangunan Jalan Tol ke Palabuhanratu Didukung Pemkab Sukabumi

ilustrasi pembangunan jalan tolSUKABUMI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat, sambut positif rencana pembangunan jalan tol Jakarta-Bogor-Palabuhanratu (Jagoratu). Pasalnya, hal tersebut dinilai dapat mempercepat akses warga ke ibukota Kabupaten Sukabumi serta kawasan Geopark Ciletuh.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, saat ini ada investor yang tengah menjajaki pembangunan jalan tol dari Cibadak menuju Palabuhanratu. Meskipun, rencana pembangunan jalan tol dari Cibadak-Palabuhanratu tersebut belum dilakukan kajian teknis. “Kami pasti mendukung rencana ini,” kata Marwan kepada wartawan Senin, (13/02).

Hal ini lanjut Marwan, menyusul rencana Pemprov Jawa Barat yang akan membangun sejumlah ruas jalan tol baru termasuk Jagoratu yang menghubungkan ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. “Pemkab hanya mengkomunikasikan sumber daya alam yang ada dalam rencana pembangunan jalan tol. Kami harap rencana pembangunan jalan tol ini bisa segera diwujudkan,” ujarnya.

Marwan menambahkan, pemerintah memang tengah fokus untuk membangun akses jalan ke kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Selain rencana pembangunan jalan tol Jagoratu, pemerintah juga akan membangun ruas jalan lintas selatan Sukabumi. Pembangunan jalan mencapai sepanjang 70 kilometer menghubungkan Palabuhanratu-Loji/Simpenan hingga Palangpang Ciemas. “Pembangunan tersebut mendapatkan dukungan dana dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp 200 miliar,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...