Di Sukabumi, Volume Sampah Mencapai 160 ton

ilustrasi sampahSUKABUMI – Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengimbau warga agar memilah-milah terlebih dulu sampah sebelum membuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pasalnya, setiap hari kota tersebut memproduksi 160 ton sampah yang berasal dari rumah tangga serta pusat perdagangan. “Produksi sampah sebanyak itu jelas mengkhawatirkan. Sebab, TPA Cikundul sudah penuh dan sempit sehingga disinyalir dalam waktu beberapa tahun lagi akan kelebihan kapasitas,” Kepala DLH Kota Sukabumi, Adil Budiman kepada wartawan.

Lebih lanjut Adil memaparkan, sampah tersebut mayoritas sampah organik. Namun, sampah plastik dan sejenisnya juga mendominasi di TPA Cikundul. “Perlu ada perubahan pola pikir masyarakat terhadap sampah, agar beban TPA Cikundul tidak terlalu berat seperti melalui progam daun ulang sampah,” paparnya.

Kini, pihaknya tengah mencari mencari solusi untuk menangani permasalahan tersebut. “Kami meminta kesadaran masyarakat untuk bisa memilih sampah yang akan dibuang ke TPA,” pungkasnya. Ant

Lihat Juga...