Yayah Penderita Kanker Kelenjar Butuh Uluran Tangan Pemerintah

Kanker leher-1CIAMBAR — Sungguh malang nasib ibu sembilan anak ini, Yayah (48) warga Kampung Wangunjaya, RT 02 RW 03, Desa Ciambar, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menderita penyakit kanker kelenjar getah bening yang mengakibatkan kondisi tubuhnya terus menurun. Ibu ini, harus pasrah dengan penyakitnya sebab sudah tidak punya biaya untuk berobat. Sementara suaminya, Ence (55) penghasilannya juga tidak menentu sebagai sopir angkutan umum.

Penderitaan yang dilalui Yayah pun sangat berat, kanker yang muncul di bagian leher sekarang sudah membesar sekitar 10 centimeter dengan berat emapat kilogram. “Sejak Senin (11/3) pihak kader dengan dibantu pemerintah setempat dan para donatur merujuk Yayah untuk mendapakan perawatan dan oprasi di RS Hasansadikin Bandung,” kata Ulfa Mastutah, 37, Kader Kesehatan Ciambar kepada wartawan Rabu, (15/3).

Namun, saat ini masih ditampung di rumah singgah yang disediakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi yang ada di wilayah bandung. “Kami akan terus mendampingi sampai ibu Yayah bisa dipastikan dioprasi atau kemotrapi,” paparnya.

Kendati dengan keterbatasan dana atau perbekalan lanjut Ulfa, tetapi saat ini bantuan terus berdatangan meskipun itu hanya sealakadarnya. “Minimal bisa membantu meringankan biaya kehidupan anak dan keluarganya, saya berharap proses pengobatan bisa berjalan lancar dan ada bantuan donatur untuk meringankan beban ibu Yayah,” ujarnya.

Sementra itu, salah satu donatur bantuan Yudi Panca Yoga menerangkan, ketika melihat langsung kondisinya sangat menghawatirkan, dengan kondisi kelurga yang serba kekurangan, diharapkan ada kepedulian para dermawan untuk bisa membantu biaya pengobatannya. “Saya sendiri berawal melihat dari postingan di Medsos, ahirnya saya menyempatkan waktu untuk meberikan bantuan yang dititipkan salah satu dermawan dari provinsi, meski jumlahnya tidak besar setidaknya dapat mendorong dermawan lain untuk bisa menbatu ibu Yayan,” terangnya.

Perlu diketahui, penyakit kelenjar getah bening adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Dimana sistem limfatik sendiri merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas membentuk pertahanan alamiah tubuh dalam melawan infeksi dan kanker. Kelenjar getah bening yang berbentuk kacang organ dengan cairan untuk menyaring getah bening. “Beberapa benjolan kecil sering dapat dirasakan pada orang sehat, jika bentuknya lebih besar dan mudah dirasakan maka kemungkinan merupakan tanda dari adanya gangguan. Saya berharap kondisi pengobatan ibu Yayan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. Bambang

Lihat Juga...