Desa Parakanlima Tingkatkan Pengetahuan IT

rakor desa parakanlima
CIKEMBAR — Pemerintah Desa Parakanlima Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, menggelar rapat kordinasi (Rakor) di Aula Desa Parakanlima Kamis, (23/03). Acara yang menjadi agenda rutin itu dihadiri kepala desa, sekretaris desa, kepala seksi, kepala dusun, BPD dan lainnya. Berbagai program dibahas dalam Rakor tersebut salah satunya, singkronisasi kinerja pemerintah desa terkait sistem update data.
“Mau tidak mau kami digiring untuk mengerti, memahami kemajuan teknologi informasi. Perangkat desa saat ini harus mampu mengoprasikan komputer dan menggunakan internet sebagai sarana untuk mempermudah sistem,” kata Kepala Desa Parakanlima Beben Subeni di wakili Sekretaris Iyus Wahyudin kepada www.sukabumizone.com.
Ia menjelaskan, peningkatan kemampuan perangkat desa memang sangat penting meskipun masih banyak kendala terutama Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. “Walaupun begitu kami sama-sama belajar untuk dapat menguasai berbagai aplikasi penunjang peningkatan mutu dan kualitas pelayanan optimal kepada masyarakat,” tutunya.
Dari total desa di Kabupaten Sukabumi, ada 17 desa telah dibuatkan Websait yang dapat digunakan sebagai wadah informasi desa. “Diantaranya, palidasi data di profil desa meliputi jumlah penduduk dan lain-lain,” ujarnya.
Ia berharap, pemerintah yang di atas juga bisa memberikan bantuan untuk mendapatkan internet gratis di setiap desa di Kabupaten Sukabumi. “Selama ini kami masih membayar dari anggaran yang ada. Ya, akan lebih bagus kalau fasilitas internetnya gratis, ” harapnya. Nur

Lihat Juga...