SDN Pasirmalang Wujudkan Peserta Didik Berbudi Pekerti Luhur

SDN-Pasirmalang-7

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirmalang di Jalan Pelabuhan II Km 9 Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, terus berupaya mewujudkan peserta didik yang terampil, bertaqwa dan berbudi  pekerti luhur. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi serta Misi yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya. 

SDN-Pasirmalang-6

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirmalang didirikan pada tahun 1979, kini memiliki 97 siswa terdiri dari 41 siswa laki-laki serta 56 siswa perempuan, juga mempunyai 7 lokal ruang kelas. Sementara jumlah guru yang ada yakni 10 Guru terdiri dari 5 PNS beserta kepala sekolah dan 5 Honorer.  Seluruh tenaga pendidik yang ada dinilai cukup handal karena telah memiliki latar belakang pendidikan S1 juga dibekali ilmu yang memadai sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang. Bahkan, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi. Saat ini, guru di SDN Pasirmalang diharuskan untuk memiliki pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum  (KTSP) yang berlaku sekarang.

SDN-Pasirmalang-4

Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru di sekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Bahkan baru-baru ini guru di seluruh Indonesia menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) sebagai bagian dari rangkaian sertifikasi guru. PLPG merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi baik itu kompetensi professional, kompetensi pedagogic, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian.

Salah satu contoh adalah disisi prestasinya, SDN Pasirmalang telah mengantongi hampir ratusan piala penghargaan dari berbagai perlombaan.

kepala-sdn-pasirmalang-iis-Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen dan optimis membangun tim kerja yang epektif serta mengembangkan budaya mutu. Kepala SDN Pasirmalang mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Gunungguruh  khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi. ” Dengan potensi yang dimiliki maka kami yakin sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah lain. Apalagi didukung para guru yang sangat berpotensi,” ujar Kepala SDN Pasirmalang Iis Suryani  S.Pd Sd kepada  www.sukabumizone.com Senin, (27/03). Menurutnya, keberhasilan tersebut akan dapat diraih apabila dapat bekerja sesuai dengan tufoksi dilandasi kesabaran dan berusaha. ”Amanah pun akan terselesaikan dengan baik sesuai visi dan misi. Apalagi didukung peranserta masyarakat yang baik, ”tuturnya.

SDN-Pasirmalang

Menurutnya peranserta masyarakat terhadap dunia pendidikan di daerah tersebut tampak cukup baik. ”Namun, kami masih berupaya menjalin silaturahmi dengan masyarakat untuk mengikat hubungan lebih erat lagi. Sehingga, partisipasi masyarakat tetap harmonis,”ujarnya.SDN-Pasirmalang-2

Lanjutnya, ia akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan secara maksimal. ” Tentu harapan kami agar siswa di daerah ini dapat bersaing,”tandasnya.

SDN-Pasirmalang-8

Apabila dicermati dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, pada kenyataanya SD ini belum memiliki indikator minimal prasarana sebagaimana dimaksud. Untuk itu diharapkan pemerintah agar memperhatikan hal-hal tersebut, demi terciptanya suatu kegiatan pembelajaran yang nyaman dan aman, sehingga apa yang diharapkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud dengan sebaik-baiknya. Sedangkan, keunggulan SDN Pasirmalang itu bisa dilihat dari keberhasilannya dalam mengikuti kegiatan lomba/kreativitas siswa.

SDN-Pasirmalang-3

Lanjut dia, pemerintah harus dapat mengalokasikan dana bantuan sesuai dengan kebutuhan di sekolah. “Kami mohon pemeritntah dapat segera menanggapi keluhan sekolah ini. Sebab, tanpa bantuan dari pemerintah kemajuan sekolah akan sulit berkembang sebagaimana yang sudah di targetkan,” harapnya. Yanto

 

Lihat Juga...