Korban Human Trafficking di Sukabumi Cukup Tinggi

Human trafikingPemerintah Akan Tindak Tegas Pelaku”

SUKABUMI — Korban tindak pidana perdagangan manusia atau human trafficking di Sukabumi, Jawa Barat, cukup tinggi. Hal itu, terbukti dalam kurun waktu dua tahun dari 2015 hingga 2017 tercatat sebanyak 567 orang yang menjadi korban.

Ratusan korban tersebut mayoritas mendapatkan eksploitasi ekonomi, seksual hingga modus pengantin pesanan. Sebab itu, pemerintah akan menindak tegas agar kasus perdagangan manusia di Sukabumi dan daerah lainnya menurun. “Salah satunya, dengan menegakan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Di mana, oknum yang melakukan perdagangan manusia akan dipidana cukup berat mulai dari lima tahun hingga 15 tahun penjara,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sujatmiko kepada wartawan.

Ia menambahkan, sudah banyak pelaku tindak pidana perdagangan orang yang terjerat dengan ketentuan tersebut. Bukan hanya itu, sudah banya Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) nakal yang ditindak pemerintah. “Targetny tidak ada lagi warga yang mencoba-coba melakukan tindak pidana perdagangan orang,” pungkasnya. Rol

Lihat Juga...