Warga Pasir Suren Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

SUKABUMI — Kekeringan yang mengakibatkan sulitnya air bersih sudah lama dirasakan Warga Kampung Cihurang, Desa Pasir Suren, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Namun, setelah adanya bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) dalam dua bulan terakhir sebagian warga mulai menikmati pasokan air bersih.

Tokoh masyarakat Kampung Cihurang MA Sopandi (40) mengatakan, sebelumnya warga harus mengambil air bersih sejauh tiga kilometer ke lokasi mata air. “Kondisi ini mulai berubah sejak dua bulan terakhir. Di mana, di kampung ini sudah dibangun instalasi air bersih yang dibangun PMI yang bekerja sama dengan American Red Cross,” kata Sopandi.

Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto menjelaskan, pembangunan instalasi air ini dilakukan sejak dua bulan lalu. “Warga yang sebelumnya kesulitan air bersih kini sudah mendapatkan pasokan air,” jelas dia.

Pembangunan instalasi air ini merupakan bantuan dari PMI dengan American Red Cross. Selain di Kecamatan Palabuhanratu, bantuan serupa juga diberikan di Kampung Cikananga Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung. “Ke depan PMI juga berencana membangun instalasi air bersih di Kecamatan Warungkiara,” pungasknya. Rol

Lihat Juga...