Desa Cimanggu Gelar Sosialisasi Sanitasi Terpadu

Sosialisasi-Sanitasi-Terpadu-di-Desa-Cimanggu-Cikembar
CIKEMBAR — Puluhan Ketua RW dan RT se-Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, ikuti sosialisasi program sanitasi terpadu berbasis masyarakat (STBM). Dalam, kegiatan tersebut disebutkan mengenai bagaiman masyarakat menjaga lingkungan dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya, tidak buang ari besar (BAB) di sembarang tempat.
Kepala Desa Cimanggu Ibeu Juharna mengatakan, sosialisasi tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya di Desa Cimanggu agar sadar dengan kebersihan. “Tentu disisi kesehatan harus diperhatikan lingkungan yang sehat menentukan generasi bangsa yang berkualitas. Meski, warga desa kami saat ini hampir 100 persen BAB di dalam rumah atau tidak disembarang tempat. Namun, tidak dipungkiri mungkin masih ada yang disembarang tempat misalnya di sungai-sungai,”singkatnya.
Salah seorang warga perwakilan dari Kampung Rawa RT 05/10 Eri (54) mengatakan, saat ini seluruh warga di kampungnya sudah tidak ada yang BAB sembaranga. “Ya, paling di kali itu pun lagi ada pekerjaan di sawah,”ulasnya.
Ia berharap, dukungan pemerintah untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan menembus hingga ke warga. “Kalau bisa langsung penyuluhan dengan warga agar mereka memahami secara langsung,”ujarnya.
Di tempat yang sama Ketua RW 01 Djakaria menjelaskan, penyuluhan seperti itu tentunya akan sangat bermanfaat meski saat ini tidak ada warganya yang BAB di luar rumah. “Dikami hampir seratus persen telah memiliki MCK di dalam rumah. Tetapi, untuk menghindari musim kemarau kami tentu berharap ada bantuan untuk pembuatan WC umum ke depan,”pungkasnya. Yan

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan