Di Cicurug, Ratusan Ibu Periksa Dini Kanker Serviks

imagesSUKABUMI — Ratusan ibu di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjalani pemeriksaan dini kanker serviks Kamis (13/7). Pemeriksaan tersebut, dilakukan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Pusat Kejaksaan Agung dan Kejaksan Tinggi Jawa Barat.

Kegiatan dipusatkan di Kampung Nangklak RT 01 RW 01, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug. Dengan turut dihadiri Ketua Umum IAD Ros Ellyana Prasetyo dan Kepala Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi. Jaksa Agung HM Prasetyo pun meninjau kegiatan ini pada Kamis siang.

Ketua Umum IAD Ros Ellyana Prasetyo mengtakan, adapun tujuan dari menyelenggaraan kegiatan ini. Yakni, untuk meningkatkan kesejahteraan para wanita. “Caranya, dengan melakukan pemeriksaan awal kanker serviks kepada ibu-ibu di empat wilayah diantaranya, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur,” kata Ros kepada wartawan.

Menurutnya, jumlah ibu-ibu yang menjalani pemeriksaan dini kanker serviks mencapai sebanyak 624 orang. Rinciannnya sebanyak 462 orang warga Kabupaten Sukabumi, 50 orang warga Bogor, sebanyak  62 orang warga Cianjur, dan Kota Sukabumi sebanyak 50 orang. “Pemeriksaan dini kanker serviks ini dilakukan di Sukabumi karena melihat banyak wanita yang belum mengetahui mengenai kanker serviks. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan bisa menekan angka kematian akibat kanker servik,” terangnya.

Upaya pemeriksaan dilakukan dengan melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan dokter spesialis kandungan. “Bila ditemukan ada warga yang terkena kanker serviks, maka penanganannya dilanjutkan ke puskesmas atau rumah sakit melalui BPJS Kesehatan,” paparnya.

Kepala Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi mengulas, kegiatan ini sebagai rangkaian ulang tahun IAD Kejaksaan Agung yang ke-17 yang jatuh pada 21 Juli nanti. “Acara ini sebagai wujud dan bukti kejaksaan dekat dan peduli dengan masyarakat,” singkatnya. Rol

Lihat Juga...