Di Sukabumi Harga Sayur Mayur Belum Stabil

ulustrasi-pasar
SUKABUMI — Sebulan setelah Idul Fitri 1438 Hijriah harga beberapa komoditas sayuran di Kota Sukabumi, Jawa Barat seperti cabai dan kacang-kacangan masih berfluktuasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna mengatakan, untuk beberapa komoditas tersebut harganya belum stabil ada yang naik dan juga turun yang dipengaruhi permintaan dan distribusi.

“Adapun harga komoditas yang naik antara lain cabai merah TW dari Rp20 ribu menjadi Rp28 ribu setiap kilogramnya serta kacang hijau naik Rp4 ribu dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu/kg,” kata Ayep belum lama ini.

sementara itu, harga kacang tanah yang mengalami penurunan sebesar 13 persen diantaranya dari harga pekan lalu Rp23 ribu menjadi Rp20 ribu/kg. “Turunnya harga karena pasokan meningkat, namun permintaan menurun,”ujarnya.

Menurutnya, walaupun komoditas itu bukan merupakan kebutuhan utama masyarakat, tetapi beberapa elemen warga seperti pengusaha kuliner baik restauran maupun warung makan bergantung khususnya komoditas cabai.

“Tapi secara umum pasokan serta persediaan mencukupi hingga beberapa bulan ke depan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan barang tetap terpenuhi,” tambahnya.

Untuk komoditas lain baik pokok maupun nonpoko seperti beras, minyak goreng curah/kemasan, tepung terigu, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur dan lain-lain harganya pun berfluktuasi. “Tapi untuk pekan ini harga komoditas tersebut masih stabil,” pungkasnya. net

Lihat Juga...