Lagi-lagi Website Pemkab Sukabumi Jadi Korban Hacker

ilustrasi-hacker
SUKABUMI — Meski baru sepekan pulih dari ulah peretas, Website resmi milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat lagi-lagi menjadi korban hacker.

“Saya baru tahu website resmi www.sukabumikab.go.id kembali diretas, sebab baru pekan lalu situs milik Pemkab Sukabumi ini diperbaiki oleh tim informasi dan teknologi,” kata Seketaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sukabumi Yudi Panca Yoga Sabtu, (26/8/2017).

Dari informasi yang diperoleh, saat masuk ke website www.sukabumikab.go.id warganet langsung disuguhkan tulisan “Can We Be Friend” serta peretas juga meninggalkan email khoazizgg@gmail.com.

Dugaan sementara hacker yang meretas website itu bertujuan untuk meminta uang kepada Pemkab Sukabumi jika ingin kembali pulih. “Tapi, pihak diskominfo setempat akan berupaya memulihkan kembali dan tidak mempedulikan permintaan si peretas,” tuturnya.

Menurut Yudi, website ini memang sudah sering menjadi sasaran peretasan, tidak diketahui tujuannya apa. Karena, hacker yang meretasnya banyak tujuan seperti hanya iseng saja, mencari nama hingga meminta sejumlah imbalan.

“Kami sudah laporkan ke tim IT Diskominfo Kabupaten Sukabumi supaya segera ditindak lanjuti, sebab website ini dirasa cukup penting untuk warga maupun wisatawan yang ingin mengetahui informasi tentang daerah kami,” ujarnya.

Di sisi lain, Yudi mengakui hingga saat ini pihaknya belum memiliki ahli keamanan informasi, padahal keberadaannya sangat penting untuk menjaga web-web maupun informasi milik Pemkab Sukabumi.

“Contohnya, website resmi ini pertahanannya sangat mudah dibobol serta kemungkinan pelakunya masih pemula yang hanya sebatas iseng untuk menunjukan bahwa dirinya ada,”pungkasnya. red

Lihat Juga...