Tujuh Tim Pantau Hewan Kurban di Kabupaten Sukabumi

ilustrasi-pemeriksaan-hewan-kurban

SUKABUMI — Sebanyak tujuh tim pemantau kesehatan hewan kurban diterjunkan Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi. Keberadaan tim ini disebar ke 47 kecamatan di Sukabumi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Pengolahan Hasil Peternakan Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi Winda Sri Rahayu kepada wartawan mengatakan, setiap tahun menjelang Idul Adha pihaknya melakukan pemantauan hewan ke lapangan.

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban ini, untuk menjamin keamanan masyarakat dalam mendapatkan hewan kurban. “Dimana harapannya masyarakat dapat memperoleh hewan kurban yang sehat dan layak kurban,” katanya.

Pada tahun ini Disnak Sukabumi menerjunkan sebanyak tujuh tim untuk memantau kesehatan hewan kurban baik di lapak penjualan, kandang maupun peternakan. “Upaya tersebut sudah dilakukan sejak 21 Agustus lalu hingga H-1 sebelum Idul Adha,” ujarnya.

Bagi sapi atau hewan ternak yang sehat diberikan kalung tanda sehat dan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) lanjut dia. Sebelumnya pemkab telah mengirimkan surat edaran bupati kepada para camat untuk memperhatikan keberadan hewan kurban di lingkungan serta sosialisasikan kesejahteraan hewan.

“Bahkan pada hari Idul Adha, tim disnak juga dikerahkan ke tempat pemotongan untuk melakukan pemeriksaaan. Targetnya penerima daging kurban nantinya mendapatkan daging dalam keadaan aman, sehat utuh, dan halal (Asuh), tandasnya.

Ia menambahkan, dari hasil pantauan selama beberapa hari ini belum ditemukan kasus penyakit yang membutuhkan perhatian khusus. “Namun ada temuan penyakit orf pada domba. Penyakit ini terjadi selama domba dalam perjalanan dari peternakan ke lapak penjualan,” pungkasnya. net

Lihat Juga...