Penerima PKH di Sukabumi Naik di 2018

ilustrasi-pkh

SUKABUMI — Jumlah warga penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Sukabumi segera mengalami kenaikan. Peningkatan jumlah penerima PKH itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Sukabumi.

“Tahun depan ada tambahan penerima PKH untuk Kabupaten Sukabumi sekitar 31 ribu keluarga penerima manfaat (KPM),” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat belum lama ini.

Hal ini disampaikan disela-sela penyerahan dana PKH tahap ketiga kepada 500 KPM di wilayah Kabupaten Sukabumi di kawasan Komplek Pemkab Sukabumi Kecamatan Cisaat, Sukabumi. Menurutnya, 2017 ini jumlah penerima PKH di Sukabumi mencapai 59.273 KPM. “Total dana Bansos PKH yang dikucurkan untuk Sukabumi pada 2017 mencapai Rp 112 miliar,” tuturnya.

Harry menjelaskan, total penerima bansos PKH 2018 mendatang mencapai 90 ribu KPM. Naiknya jumlah penerima PKH untuk meningkatkan kesejahteraan warga Sukabumi.

Selain meningkatkan jumlah penerima PKH, Kemensos juga berupaya mencegah terjadinya praktik dugaan pemotongan yang diduga dilakukan pendamping PKH. ” Kemensos tidak akan pernah ragu untuk memberhentikan pendamping PKH yang melakukan pemotongan di lapangan. Kemensos juga tengah melakukan Identifikasi serta kajian bersama mengenai kasus itu dan bila perlu dilanjutkan proses hukumnya,” jelasnya.

Bila di lapangan terjadi kesulitan terkait medan yang jauh para pendamping PKH seharusnya berkoordinasi dengan Dinas Sosila (Dinsos) setempat. Nantinya kata dia pemerintan akan sinergi dengan bank khususnya untuk menjangkau daerah yang sulit di pelosok.

“Penyaluran dapat saja agen bank yang datang ke daerah sulit serta warga dikumpulkan di tempat tertentu yang ada jaringan internet,” ujarnya.

Proses ini disebut dengan nama pembayaran komunitas. Di sisi lain ujar Harry, sudah menjadi kewajiban bank untuk memberikan edukasi mengenai proses pencairan dana PKH kepada KPM. “Sehingga masyarakat bisa mendapatkan bantuan dengan mudah,” ulasnya.

Ia menambahkan, proses pencairan dana PKH di Sukabumi memang telah dilakukan dengan cara non tunai melalui kartu keluarga sejahtera sejak awal 2017 lalu. “Pencairannya dilakukan melalui empat tahap yakni Februari, Mei, Agustus, serta Nopember,” pungkasnya. net

Lihat Juga...