UMKM Sukabumi Unggulkan Produk Panahan

 

SUKABUMI — Produk panahan dari Kota Sukabumi menjadi unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kini, produk panahan dari Sukabumi itu sudah dipasarkan ke sejumlah daerah di Indonesia.

“Tahun ini produk UMKM unggulan dari Sukabumi salah satunya panahan,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi Ai Rochatika.

Panahan dijadikan unggulan karena pernah menjadi juara ketiga UKM terkreatif dalam acara Cooperative Fair 2017 yang diselenggarakan Pemprov Jawa Barat pada Agustus 2017 lalu.

“Setiap tahunnya pemkot memang memilih sejumlah produk unggulan yang akan diikutsertakan dalam setiap kegiatan pameran UKM di berbagai daerah. Selain panahan, produk unggulan lainnya yakni batik Kenari yang menunjukkan motif batik khas dari Kota Sukabumi,” tuturnya.

Ai menerangkan, pemilihan produk unggulan daerah dilakukan secara bergantian. Kebijakan ini untuk bisa mengembangkan semua UKM yang ada di Sukabumi. “Dari data Dinas Koperasi, UKM, Peridustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi menyebutkan, jumlah UMKM di Kota Sukabumi mencapai sebanyak 18.310 unit,” tandasnya.

Ribuan UKM ini kata dia didorong untuk maju serta menjadi unggulan daerah. Intinya, kata Ai, tidak hanya satu UKM yang akan ditonjolkan melainkan setiap tahunnya akan terus digali UKM lainnya untuk pertumbuhan usaha. “Jangan sampai ada UKM yang tertinggal, ” ujarnya.

UKM yang membuat serta memasarkan produk panahan di Kota Sukabumi adalah Alvo Archery yang berlokasi di Jalan Pramuka Nomor 6 Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. “Kami baru membuat dan memasarkan produk panahan sejak setahun yang lalu, ” kata salah seorang bagian pemasaran Alvo Archery, Abdurohim.

Meskipun masih baru, produk panahan dari Alvo Archery sudah dipasarkan ke sejumlah daerah di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Papua, Kalimantan, serta Jambi. Menurut Abdurohim, produk yang ditawarkan yakni busur serta anak panahnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 700 ribu per unitnya. rol

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan