SMKN 1 Gunungguruh Gelar Pemilihan Ketua OSIS Ala Pilkada

GUNUNGGURUH — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar pemilihan ketua OSIS periode 2017/2018 Selasa, (19/09). Pemilihan tampak dilakukan secara demokratis ala Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dari informasi yang diperoleh ada tiga calon ketua OSIS sedangkan hak suara mencapai 1035 siswa.

Staf Kesiswaan SMKN 1 Gunungguruh Ismatullah mengatakan, pembina OSIS melakukan seleksi sebelum dilaksanakanya pemilihan. Selurh siswa menurutnya, memiliki kesempatan mencalonkan diri dengan syarat diantaranya, ada izin tertulis dari orang tua wali, surat berkelakuan baik dari BP/BK, serta standart nilai raport.

“Dari beberapa siswa yang mencalonkan diri terpilih hanya 3 calon setelah dilakukan seleksi ketat oleh pembina OSIS dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan,” kata Ismatullah kepada www.sukabumizone.com belum lama ini.

Selain itu, bakal calon akan dinyatakan lolos apabila memiliki kriteria sebagai berikut, memiliki kepribadian yang baik, mampu menyadari kelebihan serta kekurangan dan mampu untuk menanganinya.
“Memiliki kecakapan yan baik yaitu mampu merespon cepat dan menyelesaikan masalah, mempunyai wawasan yang baik seputar pengetahuan umum dan internal sekolah,” tuturnya.

Lanjut Ismatullah, pemilihan cara seperti itu akan menjadi sarana edukasi bagi siswa utamanya bagi pemilih pemula menjelang Pemilukada 2018.

Sementara itu, dari hasil pemilihan yang keluar sebagai pemenang adalah nomor urut dua dengan jumlah suara sebanyak 482 suara, semenatar itu nomor urut satu hanya memiliki 225 suara dan no urut memiliki suara 87 suara. ” Semoga pengurus OSIS terpilih bisa lebih baik, dapat menjadi fatner guru untuk membentuk disiplin siswa dan mengharumkan nama sekolah,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua OSIS terpilih Anggi Tia Nuggraha mengatakan, sesuai dengan fungsi OSIS di sekolah yakni membantu kegiatan-kegiatan sekolah, penertiban sekolah dan sebagai tangan kanan kesiswaan. Maka, sebagai pemimpin baru ia berjanji akan bekerja maksimal. “Kami memiliki Visi ingin meningkatkan rasa kekeluargaan antar siswa Misi melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan pada priode sebelumnya,”singkatnya. Yanto

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan