Kang Balkot Jadi Maskot Pilkada Kota Sukabumi

 

SUKABUMI — Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Sukabumi telah memasuki pemilihan maskot. Di mana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi memilih Kang Balkot sebagai maskot Pilkada Sukabumi yang rencananya akan digelar pada Juni 2018 mendatang.

Dari berbagai pertimbangan akhirnya terpilih maskot Kang Balkot, kata Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah kepada wartawan belum lama ini. Maskot Kang Balkot itu ujar dia merupakan karya mahasiswa Politeknik Sukabumi.

“Sebelumnya ada dua calon maskot lainnya yang menjadi pilihan KPU. Dua maskot tersebut yakni Si Bumi karya Djoko Susilo dari Kendal, Jawa Tengah serta maskot Prabu Ara yang merupakan karya Mamat dari Kota Sukabumi,” tutur dia.

Menurutnya, KPU akhirnya memilih Kang Balkot sebab didasarkan pertimbangan dewan juri. Penilaian ini lanjut dia terutama menunjukkan makna kearifan lokal pada maskot. “Hal ini berada pada maskot Kang Balkot,” ujarnya.

Setelah terpilih oleh para juri kata Hamzah, maka hasil karya mahasiswa Politeknik tersebut akan menjadi maskot resmi pilkada Sukabumi. “Maskot Kang Balkot sendiri dibuat oleh Nurhadi Suherman,” paparnya.

Lanjut Hamzah, proses penetapan maskot ini diawali dengan pengumuman lomba maskot serta mars pilkada Sukabumi beberapa waktu lalu. “Hasilnya ada sebanyak 19 orang peserta yang mendaftar lomba maskot dan mars pilkada. Proses pengumuman lomba hingga penjurian serta penetapan sekitar satu bulan,” pungkasnya. red

Lihat Juga...