Bantuan Konverter Kit Diterima Ratusan Nelayan Sukabumi

SUKABUMI — Bantuan konverter kit gas elpiji dari pemerintah pusat diterima sebanyak 639 nelayan di Kabupaten Sukabumi belum lama ini. Pemberian bantuan ini sebagai bagian pengalihan dari bahan bakar minyak ke gas di kalangan nelayan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi Dadang Budiman mengatakan, pemberian bantuan dari Kementerian ESDM ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan nelayan. “Khususnya melalui efisiensi penggunaan konversi BBM ke BBG,” kata Dadang.

Hal ini disebabkan penggunaan BBG bisa menurunkan biaya operasional. Data Dinas Kelautan dan Perikana (DKP) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah nelayan yang mendapatkan bantuan sebanyak 639 orang yang tersebar di sejumlah kecamatan. Yakni, nelayan wilayah Palabuhanratu sebanyak 194 unit, 173 unit untuk wilayah Kecamatan Cisolok, sebanyak 63 unit untuk wilayah Ciwaru Ciemas, sebanyak 178 unit untuk wilayah Ujunggenteng Ciracap dan 31 unit untuk wilayah Kecamatan Tegalbuleud.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, Bantuan ini merupakan dorongan untuk penggunaan energi bersih, murah, serta ramah lingkungan. “Hal ini dilakukan dengan melakukan konversi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan bahan bakar gas (BBG),” ujarnya.

Penyaluran bantuan kata Marwan dlakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Pengalihan bahan bakar ini diharapkan bisa menekan biaya operasional melaut dan meningkatkan pendapatan para nelayan,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...