Jumat Sedekah Diluncurkan di Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI — Baru-baru ini Kabupaten Sukabumi meluncurkan gerakan Jumat sedakah. Upaya itu untuk mendorong adanya kepedulian bagi warga yang membutuhkan.

Gerakan tersebut dilakukan bersamaan dengan gebyar Muharam 1439 hijriah sekaligus milad penegakan syariat Islam di Kabupaten Sukabumi.

“Gerakan tersebut sejalan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Sukabumi Nomor 35 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Infak, Sedekah, serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya Berbasis Masyarakat. Hal ini sebagai bagian dalam upaya membangkitkan kesadaran warga dalam membangun peradaban zakat,” ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi U Ruyani belum lama ini.

Menurutnya, selama ini Baznas telah menggandeng sejumlah pihak dalam upaya pengumpulan zakat infak dan sedekah (ZIS). Misalnya para pimpinan pondok pesantren, imam masjid, lembaga keagamaan, serta forum komunikasi masjid (FKM) agar ikut mendakwahkan zakat.

“Besaran potensi ZIS di Sukabumi mencapai Rp 1,4 triliun per tahunnya. Besarnya potensi ini salah satunya karena jumlah umat muslim di Sukabumi diperkirakan sekitar 2,4 juta jiwa,” ujarnya.

Pada 2016 lalu, kata Ruyani, jumlah perolehan ZIS mencapai sekiar Rp 14,5 miliar. Jumlah itu baru satu persen dari potensi ZIS di Sukabumi selama satu tahun.

Lanjut dia sebenarnya jumlah perolehan ZIS di Sukabumi mengalami kenaikan. Pada 2015 lalu perolehan ZIS hanya sekitar Rp 12 miliar. Sedangkan pada 2016 lalu naik menjadi Rp 14,5 miliar.

“Ke depan, Baznas akan semakin menggenjot potensi ZIS yang ada di masyarakat. Targetnya, pada 2017 ini terkumpul sebanyak Rp 20 miliar dana ZIS,” tandasnya.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mendukung, gerakan Jumat sedekah. “Saya mengajak untuk selalu menjaga pola hidup yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Marwan menerangkan, penegakan syariat Islam di Kabupaten Sukabumi lebih di tekankan pada pembiasaan serta pembudayaan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. “Misalnya dengan membayar zakat, infaq, dan sedekah,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...