Perubahan Cuaca Tak Pengaruhi Nelayan Selatan Sukabumi

SUKABUMI — Kondisi cuaca yang berubah akhir-akhir ini masih bisa diantisipasi para nelayan di selatan Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, para nelayan masih bisa melaut serta memperoleh hasil tangkapan ikan.

“Memang benar dalam beberapa hari terakhir terjadi perubahan cuaca di selatan,” kata Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi Ujang SB belum lama ini. Ia menjelaskan, pada dua atau tiga hari lalu kondisi cuaca kurang mendukung bagi nelayan untuk mencari ikan.

Sementara itu, pada hari ini kondisi cuaca mulai membaik serta nelayan masih bisa melaut. “Intinya para nelayan di selatan Sukabumi masih bisa melaut. Hal ini didasarkan laporan dari nelayan di Ujunggenteng Ciracap hingga Cisolok Sukabumi,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tangkapan ikan yang diperoleh pada satu bulan terakhir mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. “Namun, pada perubahan cuaca ini memang ada penurunan akibat penyesuaian dengan kondisi cuaca di selatan Sukabumi,” tandasnya.

Menurutnya, para nelayan berharap kondisi cuaca ke depan akan terus mendukung untuk mencari ikan. Sehingga para nelayan bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika melaut. “Di Kabupaten Sukabumi terdapat enam tempat pelelangan ikan (TPI) yakni Cisolok, Cibangban, Ujunggenteng, Palabuhanratu, Ciwaru, dan Minajaya. Jenis ikan yang paling banyak ditangkap antara lain tongkol, cakalang, tuna, dan layur,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...