Pemkot Sukabumi Terus Bina UKM

SUKABUMI — Sebanyak 40 produk UMKM di Kota Sukabumi menembus pasar modern. Pencapaian tersebut setelah sebelumnya diberikan pembinaan dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan.

Kepala Bidang UKM dan Koperasi Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi Ai Rochatika mengatakan, dalam sebulan terakhir ini ada sebanyak 40 produk UMKM yang bisa diterima di pasar modern. “Produk tersebut, kebanyakan berupa makanan, minuman, serta kerajinan,” kata Ai.

Menurutnya, produk UKM itu sebelumnya mengikuti ajang pameran festival UMKM di sebuah pasar modern. “Selepas itu pengelola pasar modern ini tertarik untuk menampung produk UKM tersebut,” tuturnya.

Ke depan, pemkot akan terus menggalakkan fasilitas kepada pelaku UKM agar produknya bisa dipasarkan ke pasar modern. “Sehingga, pemasaran produknya dapat semakin luas dibandingkan dengan sebelumnya,” tandasnya.

Upaya lainnya, dengan mendorong pemasaran produk UKM melalui media online atau daring. “Di mana pelatihan untuk pemasaran daring ini sedang gencar-gencarnya dilakukan Pemkot Sukabumi dengan menggandeng sejumlah pihak,” terangnya.

Dari 18 ribu UMKM, yang telah dilatih sekitar 405 pelaku UKM atau sekitar tiga persen. Selama ini lanjut dia, pelatihan pemasaran online bagi pelaku UMKM difasilitasi baik dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta kalangan lainnya. “Misalnya, pelatihan yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap 100 pelaku UMKM,” jelasnya. rol

 

Lihat Juga...