Di Sukabumi, Ribuan PPS Pilgub Jabar Dilantik

SUKABUMI — Ribuan orang anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Kabupaten Sukabumi dilantik, Sabtu (11/11). Dari data tercatat Sebanyak 1.158 petugas tersebut nantinya akan berperan penting dalam penyelenggaraan Pilkada Jabar 27 Juni 2018 mendatang.

Pelantikan ribuan anggota PPS itu dilakukan di Gedung Bazul Asyhab Komplek Pusbangdai Cikembang Kecamatan Cikembar belum lama ini. Dalam kesempatan itu hadir Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono.

“Jumlah anggota PPS yang dilantik sebanyak 1.158 orang dari 381 desa serta lima kelurahan di Sukabumi. Para anggota PPS ini diharapkan bisa bekerja dengan baik pada pelaksanaan pilkada Jabar 2018 nanti,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Dede Haryadi kepada wartawan.

Sebelumnya KPU juga melantik anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 30 Oktober 2017 lalu. Jumlah anggota PPK untuk Pilgub Jabar di Kabupaten Sukabumi mencapai 235 orang tersebar di 47 kecamatan.

“Setiap penyelenggara pilkada harus meningkatkan pemahaman mengenai tugas, wewenang serta tanggung jawabnya,” ujar dia.

Selain itu, kata dia harus bersikap netral dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra penyelenggaraan pemilihan.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengatakan, para anggota PPS dalam melaksanakan tugasnya harus menjaga profesionalitas serta bertindak netral dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018. “Karena itu pemkab mendukung adanya pembekalan melalui bintek untuk meningkatkan pemahaman mengenai tugas, wewenang dan tanggungjawab anggota PPS,” singkatnya. red

Lihat Juga...