Gunakan DD 2017, Desa Kertaraharja Bangun MCK dan Rehab Posyandu

CIKEMBAR — Seiring pencairan anggaran Dana Desa (DD) 2017 tahap dua dari Pemerintah pusat kepada pemerintah desa yang disalurkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ke rekening milik desa. Maka, beberapa desa di Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mengalokasikan dana tersebut untuk pembangunan fisik. Salah satunya, di Desa Kertaraharja yang saat ini akan membangun sarana penunjang kesehatan seperti posyandu dan MCK.

Kepala Desa Kertaraharja Dadan mengatakan, rehabilitasi posyandu dilakukan di dua titik yakni di Kampung Kertaraharja RT 02/1 dan RT 03/2 dengan anggaran sebesar Rp.10 Juta dan pembangunan MCK di Kampung Cirumput RT 2/8 dengan anggaran Rp. 33 Juta dari DD 2017 tahap dua. ” Untuk tahap dua ini kami lebih banyak mengalokasikan DD untuk pelatihan-pelatihan. Sementara untuk fisik di desa ini hanya sedikit,” kata Dadan kepada www.sukabumizone.com Rabu, (15/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dilihat dari luas wilayah Desa Kertaraharja yang tidak begitu luas sehingga pembangunan fisik seluruhnya hampir. Maka, pihaknya akan lebih memprioritaskan terhadap pemberdayaan. “PR kami untuk fisik tidak begitu banyak. Jadi sebagai agenda ke depan kami akan lebih fokus pada pelatihan-pelatihan,” ujarnya.

Ia berharap, partisipasi masyarakat dapat terjalin dengan baik dari berbagai pembangunan yang telah digulirkan pemerintah desa. “Sekeras apa pun kinerja kita apabila tidak didukung paritsipasi masyarakat tidak akan berjalan maksimal. Sebab itu, kami berharap hasil pembangunan dapat dijaga bersama agar,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...