Puluhan Juta untuk Rohingya Digalang Persis Sukabumi

SUKABUMI — Persatuan Islam (Persis) Sukabumi menggalang dana kemanusiaan untuk Rohingya, Myanmar belum lama ini. Kegiatan yang bertajuk dari Sukabumi untuk Rohingya tersebut dilakukan bersamaan dengan kajian Islam di Masjid Agung Sukabumi.

Dalam kesempatan itu hadir sebagai penceramah Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis) KH Aceng Zakaria. Selain itu hadir perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi serta Pemkot Sukabumi.

“Dana yang kami galang untuk Rohingya dibagi dalam dua tahap,” kata Ketua Pusat Zakat Umat (PZU) PD Persis Sukabumi, Dadang Samas kepada wartawan Senin (20/11).

Pertama, dilakukan di masing-masing pengajian PC Persis yang terkumpul sebesar Rp 9 juta. Dana itu langsung dikirimkan ke PZU pusat untuk disalurkan ke Rohingya. ” Penggalangan kedua dilakukan pada kajian akbar yang dilakukan di Masjid Agung Sukabumi. Pada momen itu terang Dadang berhasil terkumpul dana kemanusiaan sebesar Rp 16 juta. Dana ini pun akan segera disalurkan ke PZU pusat ahar disalurkan ke Rohingya,” ujarnya.

Menurut Dadang, aksi penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian Persis terhadap warga d Rohingya. Harapannya bantuan ini bisa dirasakan manfaatya oleh musilm Rohingya. ” Di sisi lain dalam kajian akbar pula disosalisasikan mengenai kelembagaan PZU. Lembaga ini berada di bawah Persis yang berfungsi menghimpun, mengelola, dan mendistribusikan zakat, infak dan shodaqoh,” tuturnya.

Penggalangan dana kemanusian ini ujar Dadang, hanya bagian kecil saja program PZU. “Ada lima program unggulan lainnya yakni umat sehat, umat pintar, umat mandiri, umat soleh, dan umat peduli,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...