Pengadaan Lahan Tol Bocimi Seksi III-IV Disiapkan Pemkab Sukabumi

SUKABUMI — Pemkab Sukabumi sedang mempersiapkan pengadaan lahan untuk jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocomi) seksi III serta IV. Upaya itu dilakukan dengan melakukan sosialisasi ke daerah yang akan dilintasi rute jalan tol Bocimi.

Pembangunan jalan tol Bocimi itu terbagi empat seksi. Ke empat seksi itu yakni seksi satu Ciawi-Cigombong, seksi dua Cigombong-Cibadak, seksi tiga Cibadak-Sukabumi Barat, serta empat Sukabumi Barat-Sukabumi Timur.

“Kami akan mendukung tahapan pengadaan tanah untuk seksi III serta IV,” kata Asisten Daeran Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dodi Somantri kepada wartawan Kamis (23/11).

Langkah itu, kata dia, dapat diikuti oleh elemen masyarakat lainnya yang berkaitan dengan pengadaan lahan untuk jalan tol. Salah satunya dengan mensukseskan sosialisasi pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Bocimi. “Targetnya, proses pengadaan tanah ini tidak menemui hambatan dan berjalan lancar,” ujarnya.

Kabag Sarana Prasarana Setda Pemkab Sukabumi, Eki R Rizky menambahkan, tahap pertama sosialisasi akan dimulai di sembilan kecamatan dan 28 desa. “Wilayah tersebut yakni Kecamatan Ciambar, Nagrak, Cibadak, Caringin, Cicantayan, Cisaat, Sukabumi, Sukaraja, dan Kecamatan Sukalarang,” kata dia.

Saat ini lanjut Eki, jadwal sosialisasi di tingkat kecamatan serta desa masih dalam penyusunan oleh tim sosialisasi. Ia menerangkan nantinya upaya sosialisasi akan dilakukan berdasarkan jadwal tersebut.

Sebelumnya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menambahkan pembebasan tanah untuk seksi dua jalan tol Bocimi di wilayah Sukabumi sudah 90 persen. Targetnya pada Mei 2018 sudah selesai semua untuk pembebasan lahannya, imbuh dia.

“Untuk seksi tiga, masih tahapan komunikasi dan sosialisasi pembebasan tanah. Harapannya, tahapan ini bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya. red

Lihat Juga...