Ratusan Siswa SMKN 1 Gunungguruh Ikuti Pelatihan Dunia Kerja Bersama Guru Tamu

GUNUNGGURUH — Ratusan siswa Sekolah Mengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, tampak serius mengikuti kelas yang dibawakan guru tamu dalam sebuah kegiatan bertajuk ‘Informasi Dunia Kerja oleh Pihak Industri’, belum lama ini.

Narasumber atau guru tamu dalam pelatihan ini merupakan guru tamu dari beberapa perusahaan ternama mulai jabatan HRD, pimpinan CV, IT Staf hingga manager perusahaan diberbagai bidang industri yang berdomisili di dalam maupun di luar Sukabumi. Sementara, para siswa SMKN 1 Gunungguruh yang mengikuti kelas ini sebanyak 280 siswa Kelas III dari beberapa jurusan.

Pada kesempatan itu guru tamu memberikan materi yang berisi seluk-beluk dunia kerja, termasuk cara mengatasi berbagai masalah serta kiat menjadi tenaga kerja industri yang andal.

“Kegiatan ini kami namakan Informasi Dunia Kerja oleh Pihak Industri. Guru tamu ini sengaja kami undang dari beberapa industri yang disesuikan dengan jurusan yang ada di sekolah ini,” tutur Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kehumasan dan Hubin SMK 1 Gunungguruh Rus Ramli diwakili Guru Bahasa Inggris yang juga sebagai Pembimbing Bursa Kerja Khusus (BKK) Meliawati kepada wartawan www.sukabumizone.com Kamis, (22/11/2017).

Dia mengatakan, program tersebut baru terlaksana pada 2017 ini. Meski demikian, sambutan antusias dari dunia industri dan para siswa cukup baik. “Tentu, kegiatan ini menjadi hal baru bagi para siswa sehingga mereka tampak semangat mengikutinya. Selain mendafatkan informasi tentang dunia industri siswa pun diharapkan tidak kehilangan arah ketika lulus sekolah, ” katanya.

Selain ilmu yang diperoleh siswa ujar dia, pihak sekolah juga dapat melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan. “Dimana, manfaatnya akan dapat dirasakan apabila kerjasama industri dengan pihak sekolah terjalin harmonis. Diantaranya, siswa akan mudah untuk melakukan kunjungan industri, lapangan pekerjaan, PKL dan lainnya,” ujarnya.

Sebab itu, ia berharap pihak perusahaan dapat memberikan ruang agar pihak sekolah dapat mengikat kerjasama lanjutan secara resmi. “Kerjasama seperti ini bisa terjalin secara berkala itu yang menjadi impian pihak sekolah. Dan keuntungan pun dapat dirasakan kedua belah pihak,” pungkasnya. Sep

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan