Pemkot Sukabumi Bentuk Desk Pilkada 2018

SUKABUMI — Pemkot Sukabumi membentuk desk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2018 mendatang. Desk Pilkada ini nantinya akan memberikan data mengenai perolehan suara pada Pilkada untuk kepentingan internal pemerintah.

“Desk Pilkada bukan ikut secara teknis namun memberikan dukungan bagi KPU serta Panwaslu,” tandas Ketua Desk Pilkada Pemkot Sukabumi sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Hanafie Zain kepada wartawan, belum lama ini. Misalnya, ujar dia berkaitan dengan keperluan pencairan anggaran serta kebutuhan orang di sekretariat baik KPU maupun Panwas.

Selain itu, berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan baik di kelurahan maupun kecamatan. Menurut Hanafie, pada waktunya nanti desk pilkada juga akan mendata perolehan suara pada Pilkada baik wali kota maupun gubernur Jabar. “Data ini untuk kepentingan internal yakni wali kota yang diteruskan kepada gubernur hingga pemerintah pusat,” ujarnya.

Intinya keberadaan desk Pilkada tidak ikut serta dalam teknis penyelenggaraan hanya berperan memberikan dukungan. Harapannya kata dia pelaksanaan Pilkada berjalan sukses dengan tingkat partisipasi warga yang tinggi.

Ditambahkan Hanafie, posisi ketua desk Pilkada memang secara otomatis dipegang Sekda di daerah masing-masing. “Meskipun saya pensiun dini, nanti ada Plt sekda yang jadi ketua desk Pilkada,” cetusnya.

Seperti diketahui Sekda Kota Sukabumi Hanafie Zain akan memasuki masa pensiun dini pada 1 Desember 2017 mendatang. “Langkah tersebut dilakukan karena berencana maju sebagai calaon wali kota Sukabumi pada pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Sukabumi 27 Juni 2018 mendatang,” tukasnya. red

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan