Realisasikan DD 2017 Tahap Dua, Desa Kebonmanggu Bangun Pelesterisasi Jalan Lingkungan

GUNUNGGURUH – Kini, jalan lingkungan sebagai jalur penghubung antar kampung beberapa titik di Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, telah selesai dibangun pada tahap dua Dana Desa (DD) 2017.
Informasi yang diperoleh www.sukabumizone.com dari pemerintah Desa Kebonmanggu menyebutkan, ada enam titik pembangunan jalan lingkungan berupa pelesterisasi diantaranya, di Kampung Cikaret Muara sepanjang 150 meter, Kampung Cikaret Tengah 100 meter, Kampung Pasirbadak 150 meter, Kampung Cibeo 100 meter, Kampung Cisentul 100 meter dan Kampung Jaringao 100 meter.

“Selain pelesterisasi jalan lingkungan sebanyak enam titik, pada tahap dua DD 2017 ini untuk pembangunan fisik kami juga membangun sarana lain seperti MCK sebanyak tiga titik dan Jembatan,”ujar Kepala Desa Kebonmanggu Rasnita diwakili Sekdes Dandan Hamdani saat dijumpai wartawan Senin, 27/11/2017.

Sementara itu lanjut Dandan, anggaran yang dikeluarkan Pemdes Kebonmanggu dari DD 2017 tahap dua terbagi menjadi dua yakni, untuk pembangunan fisik sebesar Rp. 225.103.306,- dan pemberdayaan sebesar Rp. 96.472.819,-. “Untuk bidang pemberdayaan kami akan melakukan pelatihan salah satunya pelatihan manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Penyelenggaraan kursus seni tari jaipong dan lainnya,” tutur dia.

Tahapan pembangunan yang dilakukan merupakan hasil dari musyawarah dari tingkat kedusunan hingga musrenbangdes. “Jadi pembangunan yang kami lakukan merupakan pengajuan masyarakat yang masuk menjadi skala prioritas berdasarkan musyawarah,”tandasnya.

Ia pun berharap partisipasi masyarakat dapat terjalin harmonis antara pemdes dan masyarakat. Pasalnya, jelas Dandan tanpa dukungan masyarakat program yang digulirkan pemdes tidak akan berjalan maksimal. “Untuk itu, kami berharap masyarakat turut serta dalam menjaga pembangunan yang telah diselesai pemdes sehingga terawat dengan baik,” pungkasnya. Sep

 

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan