Tiga Rumah dan Satu Sekolah di Sukabumi Rusak Akibat Gempa

SUKABUMI — Bencana gempa bumi pada Jumat (15/12) malam menyebabkan kerusakan pada tiga unit rumah serta sarana sekolah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sampai saat ini petugas masih melakukan pendataan terkait dampak gempa 6,9 skala richter (SR) yang terjadi pada pukul 23.47 WIB serta berpusat di Tasikmalaya tersebut.

“Laporan sementara kejadian gempa bumi yang masuk pada Sabtu (16/12) hingga pukul 12.00 WIB menyebutkan ada tiga rumah rusak. Rumah yang rusak tersebut berada di tiga kecamatan berbeda yakni Caringin, Gegerbitung, dan Jampang Kulon,” kata Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman kepada wartawan.

Menurutnya, dari tiga rumah tersebut sebanyak dua rumah rusak sedang serta satu lainnya mengalami rusak ringan. “Rinciannya satu rumah rusak di Kampung Ciseupan Hilir RT 03 RW 06 Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin,” ujarnya.

Rumah yang dihuni satu kepala keluarga (KK) yang terdiri atas lima jiwa tersebut mengalami rusak ringan berupa retak pada bagian dinding akbat gempa. “Lokasi bencana kedua berada di Kampung Cisayang RT 19 RW 05 Desa Cijurey Kecamatan Gegerbitung,” ungkapnya.

Di tempat tersebut ada satu rumah yang ditempati dua jiwa mengalami rusak sedang berupa sebagian atap rumah rusak. Terakhir di Kampung Kebon Jambu RT 03 RW 04 Desa Tanjung Kecamatan Jampang Kulon. “Di wilayah itu dilaporkan satu rumah warga yang ditempati satu KK yang terdri atas tiga jiwa mengalami rusak sedang, ” tandasnya.

Selain rumah, gempa bumi juga menyebabkan kerusakan pada tiga lokal bangunan sekolah madrasah ibtidaiyah (MI) di selatan Sukabumi. “Tepatnya di Kampung Bunisari RT 01 RW 02 Desa Rambay Kecamatan Tegalbulued,” ibuh Eka.

Setelah dicek kerusakan pada dinding dan langit-langit bangunan sekolah. “Data ini baru sementara dan masih menunggu perkembangan dan laporan dari petugas lainnya di lapangan,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...