Di Sukabumi Kebakaran Landa Tiga Titik Sepanjang Januari 2018

SUKABUMI — Kebakaran landa tiga titik berbeda di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (10/1) dan Kamis (11/1). Peristiwa itu menyebabkan dua unit rumah ludes terbakar.

Data Posko Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana kebakaran pertama terjadi di Kampung Cidaton RT 27 RW 06, Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran. Kebakaran itu tepatnya terjadi pada Rabu pukul 10.00 WIB.

Koordinator Posko Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana menjelsakan, dalam kebakaran di Kecamatan Waluran satu rumah dilaporkan ludes terbakar. “Rumah yang terbakar milik Komar yang dihuni enam jiwa,” kata dia kepada wartawan belum lama ini.

Menurutnya, korban kebakaran sementara diungsikan ke tetangga terdekat. “Penyebab dari terjadinya kebakaran, diduga dari hubungan pendek arus listrik,” tuturnya.

Taksiran kerugian akibat bencana mencapai sekitar Rp 90 juta. Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari relawan bencana di lapangan menyebutkan, bantuan yang dibutuhkan korban antara lain sembako dan kebutuhan sehari-hari.

“Kasus kebakaran kedua, terjadi di Kampung Karanganyar RT 02, RW 06, Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud pada Rabu malam pukul 22.30 WIB. Dalam peristiwa ini ada satu rumah yang terbakar akibat warga yang membuang puntung rokok sembarangan. korban yang rumahnya terbakar juga sudah diungsikan,” ungkapnya.

Kerugian akibat bencana itu diperkirakan sebesar Rp 15 juta. Terakhir, bencana kebakaran yang melanda ruko atau kios warga berupa konter serta warung bubur di Kampung Bagbagan Karanganyar RT 02, RW 03, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, pada Kamis pagi pukul 05.30 WIB.

“Ruko yang terbakar ditempati warga bernama Ujang (56 tahun) serta Tami (60). Penyebab terjadinya kebakaran berasal dari kompor gas serta kerugian ditaksir sebesar Rp 50 juta,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...