Kades Kebonmanggu Realisasikan Pembangunan Embung

“Sebagai Program Unggulan Mentri PDTT”

SUKABUMI — Sesuai dengan pernyataan pemerinah pusat melalui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo, dilansir dari salah satu media online menyebutkan, embung air itu bukan hanya diperlukan pertanian, tapi setiap embung yang jadi, pemerintah akan membagikan pompa air gratis, bibit ikan gratis sehingga embung tersebut menjadi sumber protein hewan yang murah bagi masyarakat desa.

Eko Putro Sandjojo, meminta para bupati di seluruh daerah agar memanfaatkan sekitar Rp200 s/d Rp500 juta Dana Desa (DD) untuk membangun embung air.

Menurutnya, campur tangan pembangunan embung air desa menggunakan dana desa cukup efisien dilakukan, hal ini tidak lain untuk kepentingan warga masyarakat desa. Demikian petikan pernyataan Eko Putro Sandjojo yang dilansir dari salah satu media online ternama di Indonesia.

Sebagai wujud dari pernyataan tersebut. Maka, Kepala Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Rasnita, yang sebelumnya mendapatkan respon dari Mentri PDTT untuk membangun embung. Kini, telah berhasil menyelesaikan pembangunan embung dengan luas 36 meter kali 25 meter dengan anggaran sebesar Rp 200 juta yang bersumber dari APBN 2017, di Kampung Padaraang yang posisinya berdampingan dengan lokasi wisata Karang Para.

“Pembangunan embung ini kami selesaikan Desember 2017 lalu,” ujar Rasnita saat disambangi www.sukabumizone.com belum lama ini.

Ia berharap, pembangunan embung dapat meningkatkan ketahanan pangan dan mengatasi kesulitan air bersih di Desa kebonmanggu. “Ya, khususnya di Kampung Padaraang apabila musim kemarau warga harus rela mengambil air bersih sejauh kiloan meter. Dengan adanya embung ini kami harap tidak ada lagi kesulitan air bersih di desa kami khusunya di Kampung Padaraang,” imbuhnya.

Selain itu, ia mengulas bahwa bantuan pembangunan embung bermula saat adanya kunjungan kementarian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 2017 lalu, ke tempat wisata Karang Para. “Saat itu saya mengajukan adanya pembangunan embung di wilayah tersebut dan akhirnya mendapat respon. Untuk itu saya atas nama warga Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan,” pungkasnya. Sep

Lihat Juga...