Lahirnya Wirausaha Muda Terus Didorong Pemkot Sukabumi

SUKABUMI — Pemkot Sukabumi dorong lahirnya wirasaha muda yang mampu menciptakan lapangan kerja. Hal itu, dilakukan dengan memberikan akses kemudahan baik permodalan maupun pemberian pelatihan.

“Kami mendorong hingga memberikan kemudahan bagi lahirnya wirausaha muda,”kata Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan, belum lama ini. Di antaranya fasilitas modal tanpa bunga yang digulirkan Pemda.

Selain itu, pendampingan serta pelatihan keterampilan berbagai bidang di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Upaya ini dalam rangka mendorong masyarakat khususnya generasi muda mau menjad wirausaha,” tuturnya.

Ia berharap, generasi muda jagan hanya menjadi pencari kerja melainkan menciptakan lapangan kerja. “Dari pantauan di Sukabumi perkembangan wirausaha muda terutama yang bergerak di bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cukup pesat,” tandasnya.

UMKM di Sukabumi terus bertumbuh, imbuh Fahmi. Produk yang dihasilkan pun dinilai berkualitas, kretif dan inovatif serta tidak kalah bila dibandingkan yang lain.

“Saat ini Pemkot tengah melakukan pendataan terkait jumlah UMKM yang setiap hari terus bertambah banyak. Harapannya pelaku UMKM bisa memberikan informasi keberadaanya kepada pemerintah daerah,” imbuhnya.

Ke depan data UMKM itu akan digunakan pemerintah dalam sejumlah program pembinaan dan pelatihan serta advokasi kepada pelaku usaha. “Misalnya peningkatan manajemen usaha maupun pengemasan produk yang lebih menarik,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...