Bupati Sukabumi Tutup Workshop Akreditasi Puskesmas

Bupati; Tutup Workshop Akreditasi Puskesmas

SUKABUMI KAB–Akreditasi merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningakatan mutu dan kinerja pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang dilakukan Lembaga Independen dan diberi kewenangan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Demikian disampaikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika Menutup Workshop Akreditasi Puskesmas Tingkat Kabupaten Sukabumi, di Hotel Augusta Cikukulu Kecamatan Cicantayan belum lama ini. Pada Kesempatan tersebut juga diisi dengan penandatanganan Fakta Intregitas Puskesmas Akreditasi.

Dikatakan pula , Pemerintah Daerah sangat menyambut baik program akreditasi puskesmas yang sedang dilakukan kementrian kesehatan. Karena tujuannya jelas yaitu, bagaimana meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien, perlindungan bagi sumber daya kesehatan dan masyarakat di lingkungan puskesmas serta meningkatkan kinerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut Marwan mengatakan, dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang Religius dan Mandiri, adalah optimalisasi pelayanan publik khususnya dibidang kesehatan. Untuk itu, pemerintah daerah mendorong seluruh perangkatnya untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, tidak terkecuali dalam bidang pelayanan kesehatan.

“Pemerintah daerah akan terus mendorong program-program peningkatan kualitas layanan kesehatan seperti pembangunan fisik puskesmas, melengkapi sarana dan prasarana serta perbaikan sistem manajemen pelayanan di puskesmas yang akan terus menerus dilakukan supaya derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sukabumi terus meningkat,” ungkapnya.

Pada kesempatan Yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Didi Supardi menjelaskan, dari 58 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi yang telah terakreditasi pada tahun 2017 sebanyak 11 Puskesmas. “Adapun di 2018 direncanakan 25 Puskesmas yang akan diakreditasi, sedangkan sisanya diharapkan pada 2019 sudah terakreditasi semua sesuai dengan target Kementerian Kesehatan,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Workshop Asep Suherman mengatakan, Akreditasi Puskesmas merupakan amanat Permenkes no 75 tahun 2014, dimana puskesmas wajib terakreditasi. “Karena itu whorkshop ini merupakan satu upaya persiapan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi untuk menghadapi proses akreditasi. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang Peserta dari 25 Puskesmas yang akan diakreditasi serta dilaksanakan dari Tanggal 2 sampai dengan 3 Februari 2008,” tandasnya. Sep

Lihat Juga...