Balon Wagub Jabar Kunjungi Pesantren di Sukabumi

SUKABUMI– Ahmad Syaikhu Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur Jawa Barat, berkomitmen memajukan pesantren. Hal itu, disampaikan pada kegiatan roadshownya ke sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Sukabumi, belum lama ini.

Pesantren pertama yang dikunjungi yakni Pesantren Assalafiyah 2 Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Berikutnya Pesantren Al Istiqomah Kecamatan Gunungguruh serta Pesantren Alhidayah Kecamatan Gegerbitung.

“Kepedulian pemerintah kepada ponpes harus diwujudkan sebab tidak mungkin dapat bertahan sendiri,” kata Ahmad Syaikhu kepada wartawan di Pesantren Assalafiyah 2 Sukabumi.

Pasalnya ujar dia banyak pesantren yang santrinya digratiskan biaya pendidkan sebab titipan dari masyarakat. “Sehingga bila tidak didukung maka akan sulit bertahan dengan mutu serta kualitas pendidikan yang memadai,” tandasnya.

Ia menyebutkan Pesantren Assalafiyah 2 Sukabumi ini dinilai cukup memadai dengan bangunan yang representatf serta menjadi contoh bagi pesantren lain. “Program dari gubernur Jabar saat ini yakni 1.000 kobong pesantren akan diteruskan dan ditambah. Di Sukabumi ada sebanyak 450 ponpes,” tuturnya.

Jumlah ini belum ditambah pesantren lainnya yang ada di 27 kabupaten/kota lainnya di Jabar. Karena itu kata dia keberpihakan pemda terhadap ponpes menjadi sebuah keharusan. “Contohnya dengan memfasilitasi sarana air bersih yang berdampak besar pada santri untuk mendapatkan air bersih,”tegasnya.

Di sisi lain Syaikhu mengatakan, kedatanganna ke pesantren untuk memberikan ceramah kepada para santri. “Kami sangat berharap kepada para santri karena tumpuan masa depan bangsa,” imbuh dia.

Ia berharap para santri mampu mempelajari Islam dengan sebaik-baiknya dan berpegang pada nilai Alquran. “Jika hal ini tercapai maka ke depan Jabar akan mempunyai sumber daya manusia yang mampu memajukan wilayah dan menekan problematika lainnya,” pungkasnya. rol

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan