Peran Puskesmas di Kota Sukabumi Dioptimalkan

SUKABUMI — Kota Sukabumi mengoptimalkan peran puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Misalnya, dengan menggulirkan gerakan jalan pagi pungut sampah yang dilakukan Puskesmas Baros, Kota Sukabumi yang digelar setiap hari Jumat.

Kegiatan itu misalnya dilakukan pada Jumat (23/2) pagi di Kelurahan Jayamaker, Baros. “Gerakan jalan pagi pungut sampah di Kecamatan Baros telah berjalan dua tahun,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Ritaneny kepada wartawan di sela-sela mengikuti gerakan tersebut.

Gerakan itu dilakukan dengan melibatkan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya. Kegiatan itu dapat menjadi model bagi yang lain dalam menggalang kebersamaan lintas sektor untuk turun langsung ke masyarakat.

Meskipun gerakan sederhana ungkap Ritaneny, tapikegiatan itu bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Pasalnya kegiatan ini selain memungut sampah petugas juga bertemu dengan masyarakat untuk menyerap harapan dan aspirasi dalam sektor kesehatan.

“Setiap puskemas mempunya inovasi masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan masyarakat yang berbeda-beda,” ulasnya.
Misalnya di Kecamatan Baros yang mengedepankan masalah lingkungan untuk pencegahan penyakit menular dan tidak menular.

Lihat Juga...