24 Kali Bencana Guncang Kota Sukabumi

SUKABUMI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, telah mencatat selama Januari sampai Februari 2018 terjadi 24 kejadian bencana alam. Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan menjelaskan sepanjang Januari terjadi 15 kejadian dan Februari sembilan kejadian.

“Adapun rinciannya, pada Januari terjadi dua kejadian tanah longsor, tiga kejadian gempa bumi, empat kejadian angin puting beliung, dan enam kejadian cuaca ekstrem. Sementara pada Februari masing-masing satu kejadian tanah longsor dan cuaca ekstrem, empat kejadian gempa bumi serta tiga kejadian kebakaran.Total kerugiannya Rp 253,125 juta,” kata Asep belum lama ini.

Sementara untuk Maret ini cetus dia terjadi bencana tanah longsor diantaranya terjadi di RT 2, RW 8 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, dan di RT 3, RW 10 Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, dan RT 5 RW, 13 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.
” Namun, tidak ada korban jiwa pada kejadian bencana ini dan seluruhnya sudah ditanggulangi. Bencana yang terjadi ini dikarenakan curah hujan yang tinggi serta turun setiap hari sehingga tanah menjadi labil dan imbasnya longsor,” paparnya.

Asep mengimbau warga untuk selalu waspada karena hujan deras disertai angin kencang ini bisa berpotensi terjadinya bencana alam. “Maka dari itu selain melakukan antisipasi, juga tidak melakukan kegiatan yang berpotensi terjadinya bencana seperti membuang sampah sembarangan ataupun menebang pohon,” pungkasnya.net

Lihat Juga...